Konstruksi Kanopi Baja Ringan

Konstruksi Kanopi Baja Ringan

Konstruksi Kanopi Baja Ringan  - Beberapa di antara Anda mungkin pernah mendengar istilah kanopi. Kanopi merupakan salah satu istilah yang sering digunakan dalam dunia arsitektur. Kanopi sendiri adalah langit-langit atau tirai yang berbuat dari bahan tertentu seperti kain, terpal, besi, logam atau bahan- bahan lainnya. Biasanya kanopi digunakan untuk penutup rumah dan melindungi bagian bawah rumah dari paparan terik matahari.

Selain untuk melindungi dari paparan terik matahari, kanopi juga mulai digunakan sebagai penutup garasi, pertokoan, atau bangunan- bangunan lainnya. Dengan penggunaan kanopi tersebut maka dapat melindungi bangunan dari angin, hujan, jatuhan benda- benda dari atas, dan lain-lain. Namun seiring dengan semakin berkembangnya jaman, maka kanopi ini kini memiliki fungsi lain yang lebih luas.
Konstruksi Kanopi Baja Ringan
Konstruksi Kanopi Baja Ringan 

Apa fungsi lain kanopi?

Selain sebagai pelindung, kini kanopi telah menambah fungsinya. Salah satu fungsi lainnya yaitu fungsi dekorasi. Bagaimana mungkin kanopi memiliki fungsi dekorasi? Hal ini sangat dimungkinkan mengingat pembuatan kanopi kini telah memiliki beragam cara. Desain dan bahan yang digunakan untuk membuat kanopi pun semakin beragam. Tentu desain dan bahan- bahan tersebut tidak akan menurunkan kualitas dari kanopi itu sendiri.

Apabila Anda memiliki ruangan seperti garasi mobil, toko, atau ruangan lainnya yang membutuhkan kanopi tetapi Anda tidak ingin menurunkan nilai seni rumah atau bangunan Anda maka Anda dapat memilih desain kanopi dengan bahan tertentu sesuai dengan keinginan Anda. Dari pemilihan desain dan bahan inilah maka Anda dapat membuat kanopi milik Anda tampak lebih unik dan dapat memperindah desain bangunan Anda.

Seperti apa konstruksi kanopi baja ringan?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa konstruksi kanopi dapat Anda lakukan dengan pemilihan dari berbagai jenis bahan. Beberapa bahan yang dapat Anda pilih untuk kanopi Anda yaitu atap rooftop atau atap uPVC (unplasticizide Polyvinyl Chloride), kaca, policarbonate, dan spandek.

Selain dari keempat bahan tersebut, Anda juga dapat menggunakan bahan baja ringan. Konstruksi kanopi baja ringan dapat Anda gunakan sebagai pilihan Anda. Mengapa konstruksi baja ringan? Tentu hal ini bukan karena tanpa alasan. Beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang kelebihan dari konstruksi kanopi baja ringan ini di antaranya sebagai berikut:

1. Konstruksi kanopi baja ringan mudah dilakukan jika dilihat dari proses pemasangannya. Karenanya jika Anda memiliki dana dan waktu yang terbatas dalam pembangunan kanopi maka konstruksi kanopi baja ringan ini dapat menjadi pilihan Anda. mengapa bisa lebih murah dan cepat? Hal ini dikarenakan pemasangan kanopi jenis bahan baja ringan ini tidak memerlukan proses pengelasan. Yang dilakukan dalam pemasangan kanopi baja ringan ini yaitu penggunaan baut khusus dalam perakitan.

Selain itu karena bahan yang digunakan adalah bahan baja ringan maka ringannya bahan kanopi akan memudahkan Anda dalam proses pemasangan sehingga Anda pun tidak memerlukan banyak orang dalam proses pemasangannya.

2. Mungkin beberapa di antara Anda pernah mendengar istilah Galvalum? Galvalum ini merupakan pelapis anti karat yang terbuat dari zinc, alumunium zinc, dan karbon. Galvalum ini telah menjadi pelapis pada kanopi bahan baja ringan. Oleh karenanya jika Anda menggunakan kanopi baja ringan maka kanopi Anda akan menjadi kanopi yang anti karat. Dengan begitu Anda tidak perlu melapisi kanopi Anda dengan zat anti karat setiap saat.

3. Selain anti karat, hal lain yang membuat konstruksi kanopi baja ringan ini banyak dipilih yaitu karena kanopi berbahan baja ringan juga akan membuat kanopi Anda menjadi anti rayap. Mengapa? Tentu karena rayap tidak memakan jenis bahan ini bukan.

Selain ketiga alasan tersebut, masih ada alasan lainnya yang dapat Anda ketahui ketika Anda melihat lebih lanjut mengen ai konstruksi kanopi baja ringan ini.