Cara Pemasangan Konstruksi Baja WF

Cara Pemasangan Konstruksi Baja WF

Cara Pemasangan Konstruksi Baja WF - Dalam hal konstruksi bangunan mungkin Anda telah mengenal berbagai jenis bahan konstruksi, salah satunya ialah baja WF. Baja WF atau wide flange sendiri merupakan salah satu profil baja struktural yang paling populer digunakan banyak orang untuk kepentingan konstruksi baja. Lantas, setelah mengetahui bahwa konstruksi baja WF cukup populer untuk digunakan, bagaimana cara pemasangan konstruksi baja WF yang baik dan benar?

Mengapa perlu mengetahui cara pemasangan konstruksi baja WF?

Jika dilihat dari bentuk atau ukurannya biasanya baja WF diproduksi dengan panjang kurang lebih 12 meter. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir adanya bahan yang tidak terpakai atau terbuang. Selain itu dengan ukuran ini maka baja WF memungkinkan untuk dilakukan pemotongan maupun sambungan.
Nah, untuk penyambungan sendiri tentu akan ada yang berbeda. Mungkin bila baja berukuran cukup kecil dan digunakan untuk beban yang cukup ringan maka sambung las sudah dibilang cukup kuat. Namun apabila baja yang akan Anda sambung merupakan jenis baja yang cukup berat atau memikul beban berat seperti rafter dengan bentangan panjang, atau untuk balok mezzanine maka tentu penyambungan dengan jenis pengelasan saja tidak akan cukup.

Cara Pemasangan Konstruksi Baja WF
Cara Pemasangan Konstruksi Baja WF 
Anda perlu menggunakan teori tertentu dan teknik lain untuk menyambung jenis baja ini.  Teori dan teknik yang tepat akan memungkinkan Anda untuk menyambung baja dengan sambungan yang kuat atau bahkan lebih kuat dari kekuatan basic nya.

Cara pemasangan konstruksi baja WF 

Setelah mengetahui alasan mengapa Anda harus mengerti cara pemasangan konstruksi baja WF maka berikut ini kami sajikan informasi mengenai langkah- langkah yang dapat Anda lakukan:

1. Potonglah kedua sisi baja WF yang akan disambung. Potongan ini haruslah lurus. Kemudian potonglah miring pada bagian bibir punggung baja WF dan juga pada bagian bibir tengahnya. Kemiringan potongan ini kurang lebih 45 derajat.

2. Lakukan gerinda sampai bersih dari kotoran bekas potongan serta jangan lupa disiku agar proses penyambungan dapat dilakukan dengan lebih mudah. Setelah bersih dan potongan sudah dalam keadaan siku 90 derajat, selanjutnya mulai dapat Anda sambung. Caranya, dekatkan kedua sisi sampai rapat dan pastikan ada celah bekas potongan miring tadi untuk digunakan sebagai tempat lasan.
Apabila posisi sudah rapat, perhatikan kembali apakah kedua belah dalam posisi yang lurus. Jika sudah, maka cantum atau las sedikit terlebih dahuludi posisi tengah atas baja WF. Setelahnya cantum lagi di posisi tengah bawah WF. Posisi cantum ini harus Anda perhatikan betul agar tidak terjadi kesalahan dalam menyelesaikan sambungan.
Apabila Anda sudah yakin lurus, barulah Anda dapat cantum di tiap- tiap bibir baja WF, bagian atas dan bawah. Kali ini kuatkan semua cantuman sehingga tidak patah saat diangkat atau dipindahkan.

3. Pada saat pengelasan, Anda dapat mengelas di punggung baja WF. Pengelasan ini sebaiknya tidak hanya dilakukan satu kali tahap saja. Sebaiknya pengelasan ini Anda lakukan dalam 2 atau tiga tahap dengan cara berulang. Pada saat pengelasan ini Anda harus memastikan bahwa pada setiap tahapan tidak ada bekas kotoran las.

4. Jika pengelasan telah selesai dilakukan langkah selanjutnya yaitu potong plate type 1 dan type 2. Masing- masing dipotong 2 lembar untuk bagian atas bawah dan kanan kiri. Jangan lupa digerinda agar bebas dari kotoran bekas potongan. Apabila telah digerinda sampai rata semua lasan yang muncul di sambungan baja WF tadi, selanjutnya Anda dapat menempelkan plate pada tempatnya masing- masing dengan cara cantum. Las sedikit pada tiap ujung plate dan tengah untuk kemudian dapat dilas sepenuhnya.

Nah, langkah-langkah di atas merupakan langkah yang dapat Anda lakukan untuk menyambung balok atau rafter yang panjangnya kurang dari 12 meter. Apabila ini merupakan pertama kalinya Anda menyambung baja WF atau dengan kata lain Anda belum memiliki pengalaman sama sekali maka ada baiknya jika Anda juga meminta bantuan dari ahlinya. Hal ini dikarenakan cara pemasangan konstruksi baja WF tentunya lebih mudah dilakukan oleh ahlinya bukan?