Konstruksi Baja Kantilever

Konstruksi Baja Kantilever

Keunikan dan keindahan desain suatu gedung tentu memberikan esensi yang berbeda ketika melihatnya. Bahkan tak jarang pula kini makin banyak orang yang menginginkan rekonstruksi bangunan mereka agar terlibah lebih unik dan cantik. Lantas, keunikan dan keindahan seperti apakah yang dimaksudkan ini?
Mungkin beberapa di antara Anda pernah menemukan atau melihat suatu bangunan bertingkat yang mana ruangan paling atas tidak menggunakan pondasi tepat di bawahnya. Lantas, pernahkah Anda berpikir bagaimana cara membangun bangunan yang seperti itu? Atau mungkin Anda berpikir bagaimana cara menjamin bahwa ruangan yang terletak di atas itu tidak akan runtuh.

Hal tersebut mungkin saja dilakukan jika Anda memilih bahan dan jenis yang tepat dalam melakukan konstruksi bangunan. Seperti halnya contoh yang telah disebutkan di atas, jenis bahan yang digunakan dalam konstruksi bangunan tersebut yaitu balok kantilever. Konstruksi baja kantilever sebenarnya sudah tak asing lagi digunakan dalam dunia pembangunan ini. Bahkan dapat dikatakan sudah cukup banyak contoh bangunan atau gedung yang menggunakan konstruksi model ini.

Seperti apa konstruksi baja kantilever?

Dalam dunia konstruksi ada istilah sistem struktur kantilever. Sistem struktur kantilever ini merupakan suatu sistem dimana balok hanya ditumpu oleh satu kolom. Dalam hal ini balok dijepit pada salah satu ujungnya saja. sedangkan ujung yang lain dapat berdiri bebas. Nah, balok inilah yang kemudian disebut sebagai balok kantilever. Dikarenakan hanya satu sisi saja yang dijepit oleh kolom, maka beban vertikal yang disalurkan secara horizontal akan disalurkan pada satu kolom saja.

Konstruksi Baja Kantilever
Konstruksi Baja Kantilever 
Karena beban diampu oleh satu kolom saja maka balok kantilever ini biasanya hanya dignakan untuk ruangan- ruangan yang tidak membutuhkan beban terlalu banyak. Misalnya saja untuk balkon. Apabila balok kantilever ini digunakan untuk ruangan- ruangan dengan kapasitas beban yang terlalu berat maka tidak menutup kemungkinan balok kantilever ini akan menjadi miring akibat beban yang terlalu berat.

Mengapa konstruksi baja kantilever?

Seperti yang telah disebutkan dalam ulasan di atas, bahwa penggunaan balok kantilever memiliki keunggulan tersendiri. Salah satunya yaitu tampilan desain bangunan yang menarik dan unik. Oleh karenanya tidak heran jika banyak orang yang mulai menggunakan balok kantilever ini.

Namun demikian balok kantilever hanya memiliki daya tampung beban yang terbatas sehingga tidak memungkinkan jika pada balok kantilever ini Anda membangun ruangan seperti tempat tidur, perpustakaan, atau ruangan ruangan lainnya yang memerlukan banyak perabotan dan membuat beban pada balok kantilever semakin berat.

Biasanya, balok kantilever ini hanya digunakan sebagai tempat area sirkulasi atau balkon. Kedua ruangan ini hanya memerlukan beban yang kecil sehingga memungkinkan untuk dibangun di atas balok kantilever.
Lantas apa yang akan terjadi jika Anda tetap memaksakan membangun ruangan berat di atas balok kantilever? Jika daya tampung beban balok kantilever ini telah memenuhi batasnya maka akan dapat menimbulkan kemiringan pada balok kantilever. Bahkan dalam resiko lainnya bisa menyebabkan balok kantilever ini patah.

Nah, ulasan di atas tentu memberikan pengetahuan lebih kepada Anda bukan? Apabila Anda ingin menambah nuansa yang menarik pada bangunan Anda maka tidak ada salahnya memilih konstruksi baja kantilever ini. Meskipun dapat menimbulkan kemiringan atau bahkan patah tetapi jika Anda dapat dengan cepat mendapati atau menemukan gejala-gejala kerusakan pada balok kantilever ini maka resiko rusak lebih parah akan dapat Anda cegah.

Dengan kata lain, balok kantilever ini masih dimungkinkan untuk diperbaiki. Meskipun begitu jangan lupa untuk selalu berkonsultasi terlebih dahulu dengan pihak ahli agar perencanaan konstruksi Anda dapat lebih aman dan terpercaya.